Saturday, March 7, 2009

Disaster days

Ini adalah minggu2 terburuk dalam kehidupan cinta gw. Kepada makhluk yang menggemaskan, pencemburu, cute, demanding, annoying but lovely....

My pet, Mayo.

Meet Mayo, a 2 years old mix-breed dog, whom I adopted from a dog seller in front of the Bird Market (Pasar Burung) in jl. Veteran Denpasar. When I saw him, it was a love at the first sight. No kidding..


Yang terlontar dari mulut gw ketika itu adalah... "Waaa! kayak beruang!" Betul skali. Dengan badan yang fluffy, bulu-bulu sehalus kapas dan tebal, gendut, moncong pendek tapi meruncing di depan, wajah bulat, he does looked like a white bear. Kerjanya tiduuur terus. Waktu dikeluarin dari kandang dan gw angkat2pun dengan cueknya dia melek dikit trus lanjutin tidur! Diuwel-uwel kayak gimanapun tetep ga bergeming (- -). I was soooo in love with him in a glance. Tapi... sayangnya penjual itu pun tau bener ngasih harga. Mahal bgt buat ukuran anjing mix-breed alias keturunan ga jelas dan tanpa vaksin pula! Terpaksalah gw melihat2 puppy2 lucu lainnya yang harganya lebih terjangkau kala itu.


But, man.. perasaan seorang wanita memang ga bisa dibohongi, gw g bs pindah ke lain hati. Biarpun anjing2 laen disana banyak juga yg lucu2. Tapi tetep, gw mau yg ini! Akhirnya sang pengantar sekaligus yang kudu keluar duit buat beliin pun menyerah... Demi ngeliat kami berdua yang sudah sedemikian jatuh cinta (gw aja sih kayaknya, berhubung dianya tetep tidur! zzzz - -). Tapi anehnya waktu ditaro di lantai dia langsung bangun dan cari sasaran buat digigit. Kebetulan yg tersedia adalah tangan gw... Lumayan jg anjing kecil pemalas ini, begitu lincah kalo ada target dan gigitannya juga mantap skalee.


Demi dia lah gw tega mengeraskan hati melihat tampang si pengantar sekaligus pembayar ketika mengeluarkan dompetnya. Tampak jelas kalo dia sedang melakukan kalkulasi ulang untuk budget pengeluarannya sebulan ke depan. Mwahahahaha! Everything for love, honey!

Begitu digendong dan dibawa pulang naek motor, dia tidur lagi. Mampir sebentar ke petshop untuk beli segala macam keperluan buat bayi baru kami (kamii??? ada yg msh ga rela kynya =P) Di petshop itu dia gw lepas karena kita sibuk milih2 kalung, tali dsb bwt dia. Apa yang dilakukan tuh anjing? biasanya anjing2 laen akan keliling2, atau mungkin takut2. Tapi dia... jalan dengan semangat mengendusi sana sini, lalu.. setelah beberapa menit dia mulai bosan dan, bruk! tidur lagi... -__________- . Yang jaga petshop itu juga terheran2 demi ngeliat anak anjing mood2an inih. (saya juga...)



Selesai membeli peralatan di petshop, kami pun pulang. Sepanjang perjalanan dia tiduuuuurrrr aja - -. Di deket rumah kami mampir ke toko elektronik untuk membetulkan sesuatu. Tiba2 anjing ini bersuara! wah, ternyata bisa bunyi looh! Nguikk nguiik, begitulah bunyinya. Kok kayak suara babi ya? Gw bingung. Ada apa dengan dia? Akhirnya gw turunin ke jalan. Dengan kalung sudah terpasang plus talinya. Oww, ternyata dia kebelet! Setelah mengendus2 sana sini, bingung2 bentar, akhirnya dia memutuskan sebuah spot yg enak untuk jongkok, n doing his business. Pipis!

Sampe rumah, dia keliatannya senang dengan rumah barunya. Semuanya diendusi dg semangat. Gw sudah berpikir tentang ritual bersihin kotorang anjing tiap hari, dsb2. Yep, there are some consequences in every cuteness! Tapi tau2, dia masuk ke tempat tanaman2. Sepetak tanah kecil yg dibatasin dg bata dan semen sama mama untuk tempat hidup beberapa pohon kecil. Ngapain lagi tu anjing? Dengan bingung gw ikutin. Ternyata... dia boker! Waaaaa, anjing pintar! Dia ga mau boker sembarangan di halaman gw yg dicor semen dan cari tanah buat keperluan disposal nya. Ckckck... I'm so blessed.. ^__^ Ga perlu repot2 bersihin kotoran anjing klo dia udah well-trained gini :D Ada sumber pupuk kompos baru bwt tanaman2 di rumah. hohohoh...

Trus, di jalan tadi kami (baca: gw) sudah memutuskan bahwa namanya adalah MAYO. Karena my hunny yang beliin, maka gw berbaik hati untuk memberikah setengah saham anjing ini dalam bentuk nama. MAYO adalah singkatan dari : MAria - YOhanes. Wihihhi, narsis, maksa, tapi pas kaan. Tapi akhir2 ini gw dibuat surprise juga bahwa ternyata ada beberapa ORANG, yang namanya Mayo loh. Hehehe, tadinya gw pikir bisa bikin copyright bwat nama penemuan gw inih, ternyata dah banyak yg make.



Biarpun mix-breed ga jelas, tapi kata pedaganya dulu, Mayo ini adalah persilangan antara Siberian Husky dan Golden Retriever! Ga tau bener nggak nya, tapi gw research2 tentang Siberian Husky, sifat2nya sdikit banyak mirip juga ama Mayo gw. Makan sdikit (klo g mau dibilang milih2! >< ), ga bisa gemuk, suka lari, extremely intelligent and has mind of his own, dan merontokkan bulu2nya setiap beberapa bulan sekali. Sigh.... Yang trakhir inilah yg paling menyebalkan dari siberian husky dan keturunannya! Selama beberapa minggu, setiap beberapa bulan, rumah gw akan dipenuhi oleh bulu2nya! ga ada spot yg selamat kecuali ruangan2 yg memang dia ga boleh masuk. Inilah yang sedang terjadi sekarang, dimana kamar gw dipenuhi bulu2nya, panjang pendek, tebel tipis. Nempel di baju, tas, meja, kasur, dimana2. Inilah yg gw sebut dengan disaster days. Huwaaaaaa...!!! :((



Karena cinta adalah menerima segala kekurangan dan kelebihan, maka gw harus mengebalkan diri terhadap segala resiko penyakit asma, toxoplasma, dan penyakit2 karena bulu hewan lainnya. Tapi setelah beberapa minggu penderitaan ini, gw bisa bebas untuk beberapa bulan kemudian. Karena siberian husky tipe anjing yang bulunya tidak rontok walo dielus2 dan ditarik2 sekalipun, kecuali masa2 rontok itu... Well, ada bagus ada jeleknya sih... Pada masa2 inilah Mayo kehilangan kegantengannya.. wehehehe.. Dia jadi mirip kaya anjing jalanan yg berpenyakit kulit karena bulu2nya rontok smua. Tapi ga papa, karena beberapa minggu kemudian bulu2 baru akan tumbuh menggantikan semua yang hilang. 

Bagi gw pribadi, Mayo lumayan cerdas dan emg susah diatur. Gw harus bener2 nunjukkin who's the boss kalo mau dia nurut sama gw. Walopun di hari pertamanya di rumah dia sudah ngerti namanya sendiri, jangan harap dia mau datang waktu dipanggil klo dia lg ga mood. Ngajarin perintah2 sederhana seperti duduk, tidur, salam, jelek (kalo dia salah), sini (datang mendekat) itu ke mayo lumayan gampang. Diajarin 2-3 kali dia dah ngerti. Tapi kalo cara kita kasih command salah atau pas aura kepemimpinan kita sedang lemah, dia ga akan mau nurut. Nyebelin emang. Tapi dari artikel2 yg gw baca dari siberian husky, anjing jenis ini memang challenging. Dia bisa berpikir sebagi individu yang mandiri dan punya ego lumayan tinggi. Kita mesti bener2 tunjukkin bahwa kita boss dan dia anak buah. Kalo ga gitu, dia yg akan melatih kita untuk menerima segala kelakuan buruknya dan dia ga nurut sama kita. Hmmm... tapi kadang klo lg cape gw biarin aja dia bandel gt... T_____T 



Sebage anjing yang ber-ego tinggi, Mayo sangat jarang membanjiri tuannya dengan kasih sayang misalnya dengan menjilat2 seperti anjing laen pada umumnya. Buat tuan yg emang ga demen dijilat, mungkin perilaku ini bisa dibilang menyenangkan. Tapi gw yg udah terbiasa disayang anjing dengan cara dijilat, tingkah jual mahalnya ini jadi kekurangan. Anjing macam apa nih, cuwek bgt ama majikan... - - 



Mandiri tidak membuat Mayo tidak manja. Dia manjaaaa skalee! Cemburuan, misalnya nih kalo gw punya anjing baru, Mayo bisa mati karena patah hati, atau anjing baru itu yg akan mati dibunuhnya! Dia juga parno bgt sama air, yg membuat acara mandi dia setiap 2 minggu skali jadi acara pembantaian berdarah.. T___T. Mungkin ini salah gw juga, karena dulu 2 hari setelah mengadopsi, dia lgsg gw bawa ke laut dan gw cemplungin disanah wakakakaka...! :D  
     

Tapi sekarang2 ini dia sudah mulai berani nyemplung ke laut sendiri tanpa paksaan walo ga berani jauh2 ke dalam. ^ ^V   


Walopun cuwek setengah mati, sering juga gw ngerasa klo dia sebenerny lumayan ngerti gw. Waktu gw lg bener2 sedih, dia mendekat pelan2 lalu duduk deket gw dan kayanya ngerti perasaan gw... Banyak sih kekurangan2 Mayo sbage seekor anjing piaraan, sperti misalny dia ompong, suka gonggongin n ngejar2 org lewat depan rumah, milih2 makanan, suka ngambek, benci aer, ga nurut, merontokkan semua bulunya di seluruh kamar gw, de el el. Tapi ntah knapa gw tetep sayang ma dia. I think that's just what a dog can do to you...

Labels:

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

emang lucu yah?
maen ke mywrotes... :)

March 10, 2009 at 12:58 PM  
Anonymous Anonymous said...

Emmm...^^ ternyata mempunyai pet tu menyenangkan juga ya..dari dulu tu ak cuman berpikir kalo mempunyai pet tu sangat merepotkan sprti bulu yg dimana2, pipis sembarangan, kotoran dimana2 yg wanginya ampe seruangan baru ketahuan dimana posisi kotoran itu ^^'

Tapi kok kamu tau gel kalo mayo perhatiin? mgkn dia lagi emang mau duduk situ dan ternyata ada kamu yg lagi sedih gel..^^

So far, ak jadi tertarik untuk mempunyai pet.. ^^

March 12, 2009 at 1:55 PM  
Blogger Maria said...

@Indra: apanya yg lucu ndra? Saya sudah main ke MyWrotes...

@Dedy: emg gitu resikony pny peliharaan. Tinggal kt aja yg harus sabar ngajarin supaya dia ga pipis n buang kotoran sembarangan.. ^^

Nggak kok, dia emg ngerti aku (ngotot)

Ayo.. beli anjing! :D

March 13, 2009 at 12:09 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home