Saturday, February 7, 2009

Bagai Makan Buah Simalakama

Mo share dikit ni. Gw baru pulang nonton Transporter 3 di Wisata. Bioskop 21 yg waktu jaman gw abg dulu terbilang lumayan keren, tempat nongkrong asik dan ga pernah sepi pengunjung. Selalu ter-update dengan film2 yg lumayan baru dan waktu itu ga pernah ketinggalan jauh dr resensi film di cinema2.
Sekarang, cuman jadi tempat yang terpaksa dikunjungi dikala gw ketinggalan nonton pilem bagus di Galeria, dan mencari layar lebar dengan harga murah meriah.

Wisata, sekarang lebih mirip bioskop di tengah pasar. Lingkungan yg kumal, lusuh saking berumur dan emang ga ada tanda-tanda usaha perawatan supaya keep-up dengan perkembangan jaman.
Mirip sepeda motor gw. Yang emang sengaja ga gw cuci untuk persiapan lomba motor terkotor se-Denpasar Selatan pas 17 Agustus-an ntar... Ga percaya? Sama.

Sebenernya, walopun gw telat masuk, film Transporter 3 nya lumayan jg... (I mean, nonton Jason Statham brantem sambil striptease? C'moon.. Look at those muscles.. and those awesome cars n actions n explosions... Who cares about the damn story? I'm entertaining my eyes.. if my eyes happy, my brain too.)

Selesai membodohi diri sendiri, gw harus kembali ke realita. Yang artinya mengusap iler gw, lalu beranjak pulang. Sampe tempat parkir, seperti biasa buka sadel motor, pake helm, jaket, lalu.... ada seorang bocah abg gaul dan cakep menadahkan tangan ke gw. What?

Gw pikir ni bocah main2. Kurang ajar ya, mainin orang tua. Ini kan dah di luar bioskop, bukan pelem. Stop playing around. Mana ada pengemis betulan yg cakep, kinclong dan gaul? Kecuali di sinetron Indonesia yang emang para gembelnya berambut keren (bahkan di-highlight rapih), kulit mulus tanpa noda kecuali make-up gelap yang keliatan banget sengaja dioles2in ke mukanya yang segar merona n ga keliatan kek org susah makan.
Jadi yg ada cmn gw pandangin aja tu bocah dr atas ke bawah. Rambutnya model gaul, muka bersih, mata sipit (no offense), baju oke, lalu tangan yang ada gelang2 gaulnya. Dalam penerangan yg remang2 itu gw beneran memelototi gelang di tangan bocah itu untuk mencari pembenaran bahwa ni anak mampu beli gelang gaul. Pasti bukan anak miskin. Pasti anak orang kaya lagi iseng.

Lalu setelah menemukan bahwa gelang yg dipakenya itu adalah gelang-gelang karet yg biasa dipake mak gw bwt ngiket tas plastik jadi satu, gw baru lumayan percaya kalo ni anak bisa jadi emang pengemis beneran. Tapi tetep aja, gw msh clingak-clinguk mencari orangtua or sopir yg keliatan bakal ngajak anak ini pulang naik mobil menuju ke istananya. "Kamu sekolah ga?" gw tanya. Dia menggeleng. "Kok ga sekolah?" tanya gw lagi, sambil berharap sopir or pembantunya anak ini segera datang untuk membujuk tuan mudanya berhenti ngisengin gw. Dia beranjak pergi. Gw dah lega, gw pikir akhirnya dia sadar ini dah malem n dia nyamperin sopirnya untuk pulang. Ternyata dia nyamperin org lain dan minta2 lagi... Saat itulah gw bener2 percaya, ni anak emg pengemis betulan.

Eh, dateng satu lagi yg lebih kecil nadahin tangan ke gw. Gw udah merogoh ke tas, tp yg gw lakukan malah nginterogasi tu anak. "Kamu ga sekolah? Dah malem kenapa ga pulang? Sana pulang tidur, ntar dicariin bapak ibunya loh.." Tu anak cmn menatap gw. Bibir rapat dengan tangan masih nadah. Gw langsung naik motor dan berlalu...

Sialnya perasaan gw jd ga enak. Shit.

Why?? Kalo misal itu orang dewasa dan masih muda, gw seperti biasa bakal bilang, mbak/mas masih muda, kuat. Kerja dong? Kalo orang tua, ga mikir2 gw bakal langsung kasih dengan pikiran gw membantu org yang lemah dan ga kuat bekerja. Nah kalo anak kecil? Kalo gw kasih maka hati gw bilang, lo membiasakan anak kecil mendapatkan uang tanpa bekerja. Itu tidak mendidik dan membuat mereka bodoh selamanya! Sedang kalo gw ga kasih, maka hati gw ngomong lagi, pelit banget sih lo? ngasih duit ga seberapa aja kok ga mau. Kalo mereka males, emangnya lo nggak?! nah lo.. Serba salah dah gw.

Karena mo ga mau harus diakui, kalo gw ini org malas yg beruntung. Beruntung karena terlahir di keluarga yang mampu kasih gw makan cukup, kasih pendidikan cukup, kasih pengarahan yang benar tentang hidup ini. Tapi gw pun sebenarnya ga kalah malas dr mereka. Kenapa gw boleh hidup senang dan mereka tidak?

Maka dari itulah, yang gw lakukan tadi hanya babbling dan mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan ga mutu pada 2 anak tadi. Maunya gw mengeluarkan perkataan bijak yg mempu menggugah mereka untuk besok2 berusaha dengan giat bekerja dengan lebih baik. Supaya mereka sadar dan punya tekad kuat untuk tidak jadi pengemis selamanya. But well.. I'm not a preacher...

Emang ga ada gunanya sih gw ngomel2 disini mengenai anak-anak miskin. Yang ada gunanya adalah klo gw take action, turun ke jalan dan mendirikan sekolah gratisan untuk mereka. Tapi gw lom ada nyali dan niat yg cukup untuk itu. So... this is just another post. Another No Action Talk Only from Maria Angelica Saraswati....



Don't Judge This Book (by The Moffatts)

If they only knew
How I felt inside
Maybe they'd understand
If they only knew
What I could do
Maybe they'd understand

Just give me a chance
and I'll prove it to you
There's so much I can do
Don't judge this book by its cover
I just look different than you

We've all got our talents
They're not all the same
I wish they'd understand
If they'd look past this cover
my story'd begin
Maybe they'd understand

Just give me a chance
and I'll prove it to you
There's so much I can do
Don't judge this book by its cover
I just look different than you

It's not the clothes I wear
Or the color of my hair
I've got the will and
I've got the heart
I just wish someone would care

Just give me a chance
and I'll prove it to you
There's so much I can do
Don't judge this book by its cover
I just look different than you

Labels:

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

nice mbak... lebih baik no action talk only, daripada ga peduli sama sekali...

February 18, 2009 at 3:40 PM  
Blogger Maria said...

Iyah sur... :) mdh2an bsk2 kt bs brbuat sesuatu utk mreka ya....

February 22, 2009 at 10:13 PM  
Blogger cellsroom said...

G pernah tuh.. ngeliat anak jalanan yg rambutnya merah. Langsung g komentarin, "itu masih bisa ngecat rambut.. ". En then keep my mouth shut when my friend say, "itu kebakar matahari.. " =,=

February 24, 2009 at 4:11 PM  
Blogger Maria said...

wkkkkkk...
tp kadang emg beneran ada mrk yg ngecat rambut sel. Biasany yg ngamen2 gt. Tp g tau jg sih klo itu kena matahari :D

February 24, 2009 at 5:02 PM  
Anonymous Anonymous said...

wah mar...
kpn2 nonton rame nyok???
hehehe...

February 25, 2009 at 9:29 AM  
Blogger Maria said...

yuuukkk...
jangan lupa, nanti jam 7 kite arisan yeeeee

March 1, 2009 at 2:10 PM  
Anonymous Anonymous said...

"Kalo mereka males, emangnya lo nggak?! nah lo.. Serba salah dah gw. "
Brati lo males dong Mar :P

April 2, 2009 at 2:04 PM  
Blogger Maria said...

@Anonymous: WEMBEEEEEEEERRRRRRRRRRRRR.....

wkkkkkkkkk

May 2, 2009 at 3:22 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home