Wednesday, February 25, 2009

Go Green!!

Sehubungan dengan tema yg mau saya angkat tuk ngajar anak2 binaan saya di sekolah minggu, hari ini mo posting dikit ah, tentang "Go Green" ini...

Terus terang, sebetulny tema ini juga rada2 nyindir perilaku saya sendiri sehari2. Mulai dari pemakaian listrik yg sembrono, air, tissue, kertas, bahan bakar, sistem pembuangan sampah yg ga ramah lingkungan, yah pokoknya hal2 kecil yg biasany saya lakukan dengan seenaknya karena udah kebiasaan.

Pikiran selama ini sih, alah, cmn gitu doank... ga ngefek bnyk deh kayanya. Tapi kalo diingat2 bahwa mungkin aja sebagian besar orang hidup dengan gaya seperti saya, sepertinya it will matter a lot, not to mention in the long run...

Ketika menonton berita pembalakan liar di tv, krisis air, banjir, pemanasan global akibat polusi, saya sering emosi sendiri. Secara naluriah, langsung nyalahin pemerintah dan pengusaha2 yg seenak udel menggunakan duit dan kekuasaan mereka untuk tidak mempedulikan lingkungan dan alam.

Padahal... kayu yg ditebang itu dipake buat bikin kertas dan tissue yg sehari2 saya pake dengan, uh, boros bgt yee... dikit2 print, dikit2 pake kertas baru padahal bnyk kertas terpakai yg di belakangny msh bersih. Dikit2 pake tisue, padahal ada lap kain yg bisa dicuci dan dipake ulang. Nah, karena mau enak dan serba praktis itu lah saya sudah menambahkan demand untuk pabrik kertas dan tissue untuk meningkatkan produksi mereka. Yg artinya lebih banyak pohon lagi harus ditebang. Walopun demand dari saya itu sedikit, tapi lama2 kan banyak jg ya, apalagi klo ternyata bnyk org pny sikap seperti saya.



Begitu jg dengan produk perawatan kulit, maunya yg bisa melembabkan kulit saya yg kering. Maka belilah saya produk2 yg mempunyai kandungan moisturizer yg tinggi. Padahaal, moisturizer itu asalnya dari palm oil. Semakin banyak demand untuk produk2 ini, maka semakin banyak juga lahan yg diperlukan untuk menanam pohon2 palm ini. Hutan lagi yg jadi korban. Dibabat untuk menanam pohon-pohon untuk kebutuhan produksi.

Lah emang apa jeleknya? kan sama2 pohon ini..

Tentu ada, jawabanny bisa dibaca di website greenpeace ini sekalian bisa sekalian ikut sign sebagai dukungan atas petisi yg diajukan Greenpeace terhadap perusahaan unilever. This is INDONESIAN forrest that we're talking about. OUR forrest...

Begitu juga dengan pemakaian listrik. Jujur ni, di rumah saya, siang2 pun di ruangan tertentu kami tetap menyalakan lampu. Apa sebab? di belakang rumah saya persis itu adalah bangunan sebuah SMU yg berlantai 3, jadi akses cahaya sangat sedikit karena ketutupan gedung sekolah itu. Samping kanan kiri, bok, rumah2 tetangge aye tuh, berantai 2 dan 3. Sami mawon. Terus berhubung Ayahanda saya matanya sudah nggak bagus, beliau memang butuh penerangan lebih. So, saya pikir gpplah, karena terpaksa. Tapi kadang kalo pergi, lampu2 tersebut lupa dimatikan. Buang2 listrik jadinya. Should remind myself from now on..

Trus beberapa kenalan saya, mengaku tidak bs tidur kalo tidak pake lampu. Jadi semalaman lampu kamarnya dibiarkan menyala sampe pagi. Untuk kasus seperti ini sepertinya ada solusi yg lbh baik. Yaitu pakelah lampu tidur yg makan energi lbh sedikit. Jd remang2 gt tidurnya, romantis dan irit.. :)



Kenapa? Karena kebanyakan pembangit PLN itu masih menggunakan BBM sebagai bahan bakarnya. Kita semua tau bukan, kalo hasil pembakaran BBM itu adalah karbondioksida alias asap. Yang bikin polusi udara sehingga menimbulkan efek rumah kaca. Maybe we do have enough money 2 pay the bills, but for the sake of our nature and the world we're living in, kita teuteup... harus ngirit. Oyah, saya juga sering liat pemborosan pada pemakaian AC. AC nyala tapi pintu terbuka lebar, ya terang udara dinginnya lepas bebas ke luar sana. What a waste... Jadi, mari kita selalu ingat untuk menutup pintu ruangan yang ber-AC.



Berikutnya adalah soal AER. Sering saya nemu keran di tempat2 umum yg ngocor dengan derasnya tanpa ada yg peduli. Itu aer PAM looh, somebody's gonna pay looh.. Yah, biarpun bukan saya yg bayar, tapi rasanya sayang juga air bersih gt terbuang2 percuma. Berjam2 mengucur dengan deras, apalagi berhari2, berapa galon tuh? Padahal di beberapa daerah ada orang2 yg harus antre untuk beli air bersih dengan mahal pula.
Disini kebanjiran, disono kekeringan... tragis emang.






Next thing is, SAMPAH. Duh ini mah, emg org Indonesia bgt, suka buang sampah seenak jidat. Ga memandang kaya miskin, buta huruf or berpendidikan tinggi, SAMA AJA. Saya pernah liat sampah dibuang keluar dari jendela sebuah mobil mewah, bemo, sepeda motor, atau pejalan kaki. Mak werrrr, sampah ilang. Bodo amat mo nyangkut di muka orang kek, ketendang kucing kek, keinjek ban kendaraan laen. Ga peduli. Yang penting gampang dan praktis. Memang praktis kalo menganggap jalanan itu sbg tempat sampah umum. Kendaraan kita bersih, jalanan kotor mah bukan urusan gw.



Pernah juga saya liat di jalan ada orang yang nyapu halaman, lalu sampahnya itu dia buang di selokan. Yap. Berhubung rumahnya di jalan besar, jadi selokannya pun cukup besar. Plung, gt aja. Tanpa dosa. Ga mikir itu sampah nanti mo kemana, nyangkut dimana yang kalo hujan nanti bisa bikin buntu saluran air sehingga bikin banjir. Ga ada kesadaran sama sekali. Ntar kalo dah banjir paling ngomel2, pindahin barang2, ngungsi, dan bilang ini takdir. Geez...



Gimana dengan toilet? hmm, bagi saya, wc teraman itu adalah wc di rumah. Yg kedua wc kantor krn tp hr dibersihin. Tp itu jg teteeep aja ada yg suka buang tissue tidak pada tempatnya... Padahal sih harusnya semua berpendidikan lumayan tinggi. Kalo di tempat umum lain, paling ngeselin kalo nemu toilet yg masih ada "peninggalan" dari pemakai sebelumnya. Entah padat atau cair (apakah itu?). Saya pikir saya ini udah malas, tapi ternyata ada org yg "membereskan" kotorannya sendiri aja enggan. I mean, orang macam apa sih yang ngurusin "polusinya" sendiri aja malas??



Mari kita didik diri kita sendiri sebelum kita menghujat pemerintah dan orang lain. Kata lainnya, mari kita benerin diri kita sendiri dulu sebelom membenarkan org lain. Lets start from ourselves. We are part of this world. What we individually do, does have effect to this world...

Nah, saya sudah berceramah cukup panjang hari ini. Sebelum kepala saya berasap, saya cukupkan sekian dl.. :)

cheers.

Labels:

3 Comments:

Blogger cellsroom said...

Pertamax..
Emang susah merubah kebiasaan kita, yg terkecil sekalipun ya. But about the moisturizer.. geee.. masa kt mo pake minyak goreng...

February 25, 2009 at 4:25 PM  
Blogger Maria said...

loh, minyak goreng jg trmasuk palm oil loh sel... wkwkwk
mgkn pake bensin kali ye :D

February 25, 2009 at 4:29 PM  
Anonymous Anonymous said...

JackPot...!!!!
peninggalan teragung dari pendahulu kita wkkkk...

June 9, 2009 at 1:59 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home